Social Icons

Pages

Senin, 27 Februari 2012

IRAN NEGERI ILMU TERTUA



Dari Persia ke Iran
       Dulu, negara Iran disebut Persia. Negara Iran terletak di Asia kecil. Dibatasi pegunungan Kaukasus, Laut Kaspia, Dan Teluk Persia. Nama Iran berasal dari kata Aryan. Aryan adalah nenek moyang bangsa Iran. Bangsa Aryan terdiri berbagai suku bangsa. Ada suku Persia, Media, Assyria, Elam, Luri, Armenia, Kurdi, dan lain-lain.
Bunga Gunung, Bunga Pasir
       Alam negeri Iran sangat indah. Bunga popi berwarna merah tumbuh subur di lembah pegunungan. Di lembah pegunungan Kaukasus tinggal orang Armenia. Orang Armenia terkenal sebagai petani anggur. Wah, anggur dan kismis dari Iran terkenal di dunia, lo. Negeri Iran juga punya padang pasir. Bunga padang pasir hanya tumbuh saat hujan. Di pesisir Teluk Persia dan Laut Kaspia banyak berdiri kilang pengeboran minyak.
Rumah Kotak
       Rumah orang Iran tidak memakai genteng. Atap rumah rata seperti lantai. Hihi... pemandangan desa jadi mirip kotak-kotak kecil dari batu. Di desa anak perempuan memakai rok panjangdan kerudung kepala warna-warni.
       Gedung-gedung di kota juga seperti kotak, tapi besar dan megah. Gedung ditopang pilar yang melengkung indah. Dihiasi mosaik warna-warni dn hiasan geometrik. Kebanyakan perempuan kota memakai baju dan kerudunng hitam, disebut jilbab.
Peternakan Tertua
       Penduduk desa masih suka naik keledai. Budaya memelihara hewan pertama kali dilakukan di Iran, lo. Orang Iran merupakan peternak tertua di dunia.
       Dulu orang Iran hidup berpindah-pindah atau nomaden. Jika rumput di satu padang habis, mereka pindah ke padang rumput lain. Hewan yang digembalakan kambing, domba, atau sapi. Sampai kini masih ada peternak nomaden di Iran. Orang nomaden memasak makan di luar rumah.
Sepatu Baru di Tahun Baru
       Orang Iran punya tahun baru sendiri. Namanya tahun baru Newruz. Newruz dirayakan di awal musim semi. Keluarga Iran makan bersama menjelang tahun baru. Tiap keuarga juga menyiapkan pasir api. Pasir api dinyalakan di halaman. Hup, anak-anak menginjak api itu. Tentu saja, sepatu mereka sedikit terbakar. Tapi tidak apa-apa. Karena anak-anak mendapat hadiah sepatu baru di hari pertama tahun baru. Asyiknya......
Ilmuwan Tertua
       Leluhur Orang Iran suka mengamati alam sejak dulu. Pada zaman batu mereka mendirikan batu berlubang untuk mengamati matahari. Batu itu seberat 50 ton! Berdiri tegak di padang pasir. Wow, matahari seolah terperangkap di lubang batu pada waktu tertentu. Ilmuwan Iran pada zaman dulu disebut orang Magi atau Majus. Orang Majus terkenal adalah Al Sufi dan Al Tusi. Orang Majus membuat catatan tentang benda langit. Mereka menghitung dan membagi rasi bintang jadi zodiak. Mereka membangun gedung pengukur gerak bintang bernama kuadran. Orang Majus juga membangun gedung planetarium pertama di dunia. Namanya Takht e Taqdis. Wow, Iran adalah negeri ilmu pengetahun tertua di dunia. Sampai kini keluarga Iran masih suka mengamati rasi bintang. Biasanya, keluarga Iran piknik di taman kota sambil menikmati keindahan langit.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar