Social Icons

Pages

Senin, 27 Februari 2012

CHENG HO PENJELAJAH SAMUDERA DARI TIMUR




          Laksaman Cheng Ho adalah pelaut besar dari Tiongkok (Cina). Dia memimpin armada laut yang sangat besar dan menjelajahi negara-negara di Asia dan Afrika. Seperti apa bukti kebersaraan pelayaran Cheng Ho?
Armada Cheng Ho
          Cheng Ho memimpin lebih dari 300 kapal besar. Armada kapalnya terdiri dari kapal Baochuan atau kapal harta raksasa (26 buah), machuan (kapal kuda yang berderap), kapal perbekalan, kapal pengangkut pasukan, dan jung (kapal layar perang khas Cina). Jika armada Cheng Ho bergerak beriringan, maka seperti kota terapung.
Legenda Kapal Baochuan
          Kapal Baochuanarmada Cheng Ho bisa disetarakan kapal tengker zaman sekarang. Panjangnya 122 meter. Bagian terlebarnya 52 meter. Layarnya ada 9 buah. Luas geladaknya 4.600 meter persegi. Beratnya sekitar 2.700 metrik ton (10 kali lebih berat dibandingkan kapal Vasco da Gama)
          Kapal Baochuan ini mengangkut harta hasil pertukaran dari negeri-negeri yang dikunjungi. Cheng Ho berlayar dengan membawa barang dagangan seperti sutera dan keramik cina. Pulangnya, mereka membawa rempah-rempah, kulit kayu kamenyan, sampai binatang khas yang tidak ada di Cina seperti jerapah.
Tumpas Bajak Laut
          Armada Cheng Ho pernah hendak dicegat oleh sekitar 5000 bajak laut pimpinan Chen Zuyi di Selat Malaka. Akan tetapi, rencana Chen Zuyi terendus sehingga Cheng Ho dapat menyusun siasat. Akhirnya, Cheng Ho berhasil menumpas bajak laut Chen Zuyi yang menguasai Selat Malaka pada tahun 1407. Padahal, armada Chen Zuyi terkenal tiada tandingannya di Selat Malaka pada saat itu.
Ketertiban Dunia
          Armada Cheng Ho berlayar membawa misi yang mulia. Bukti sejarah mencatat bahwa tujuan pelayaran Cheng Ho adalah “membawa ketertiban ke empat penjuru (Bumi) sejauh kapal dan gerobak dapat melintasinya dan kekuasaan manusia dapat mencapainya”. Itulah kenapa, armada laut raksasa Cheng Ho tidak pernah berhenti di suatu negeri untuk menjajah.
          Bahkan, Cheng Ho berhasil mendamaikan orang-orang Sri Langka yang saling berperang pada waktu itu. Bandingkan dengan para pelaut Eropa yang pernah singga dan menjajah negeri kita dulu.

Jumlah orang yang ikut dalam pelayaran Cheng Ho lebih dari 30.000 orang
Masa pelayaran adalah antara tahun 1405-1433 (28 tahun)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar