Social Icons

Pages

Senin, 27 Februari 2012

ITALIA NEGERI ANAK SAPI



Sapi dari Selatan
         Di benua Eropa bagian selatan terdapat semenanjung. Semenanjung ini dikelilingi pegunungan Alpen dan Apennina. Udaranya dingin. Binatang sapi banyak ditemukan di semenanjung ini. Wah, sapi-sapi tumbuh gendut dan beranank banyak. Orang zaman kuno menyebutnya daerah sapi ini Italoi atau Italia. Artinya, sapi atau anak sapi. Sejak itu penduduk yang tinggal di semenanjung Eropa selatan disebut orang Italia.
Negeri Gunung Api
       Daerah Italia juga punya pulau-pulau yang dikelilingi laut. Di laut menjulang gunung-gunung api. Itulah Gunung Etna, Gunung Vesuvius, dan Gunung Stromboli yang terkenal mengerikan. Yaps, gunung api di Italia adalah gunung api teraktif di dunia. Gunung Vesuvius pernah meletus dan mengubur kota Pompeii dalam abu. Sampai sekarang ilmuwan berusaha menggali kota Pompeii.
Nenek Serigala
       Kota-kota Italia terkenal di Dunia. Kota Roma, Napoli, Milan, Sisilia, Genoa, Venesia, Friuli, dan lain-lain. Kota yang paling terkenal adalah Kota Roma. Kota Roma zaman dulu adalah pusat kekaisaran Romawi. Wilayah kekaisaran Romawi membentang dari Inggris, Yunani, sampai Mesir. Gedung dan jalanan Kota Roma sangat megah. Orang Romawi terkenal sebagai ahli bangunan dan ahli seni. Gedung dihiasi patung matahari, bintang-bintang, dan dewa-dewa langit. Konon, Kota Roma didirikan oleh dua anak kembar yang diasuh seekor serigala betina. Nama kedua anak kembar itu Romulus dan Remus
Negeri Jam Matahari
       Orang Italia di Sisilia menggunakan matahari untuk mengukur waktu. Bayangan matahari ditangkap dengan sebatang tongkat. Bayangan itu menunjukan waktu matahari terbit, tengah hari, dan matahari tenggelam. Alat pengukur waktu itu dinamakan jam matahari.
       Jam matahari tidak bisa dibawa-bawa. Zaman dulu jam matahari yang besar ditaruh di tengah Kota Roma. Orang Roma datang dan pergi ke jam matahari. Mereka mengobrol sambil melihat waktu. Konon, Kuil Pantheon adalah jam matahari raksasa. Sampai sekarang kuil Pantheon masih berdiri di kota Roma. Rumah orang italia juga dilengkapi jam matahari. Koleksi jam matahari dapat dilihat di rumah-rumah penduduk kota Friuli
Negeri Kalender
       Kalender dunia saat ini memakai kalender Italia. Kalender ini buatan Kaisar julius Caesar dan Kaisar Agustus. Waktu itu kaisar minta astronom dari Alexandria (Mesir) untuk menghitung lamanya perjalanan matahari. Orang Roma juga menandai hari penting dengan warna merah. Nama bulan dalam setahun adalah nama-nama dewa.  Misalnya Januari berasal dari nama dewa Janus, yaitu dewa langit yang menjaga pintu masuk.
Negeri Pizza dan Villa           
       Siapa tidak kenal Pizza? Itu lo, roti bundar yang ditaburi saus tomat, daging, dan sayuran. Pizza makanan khas penduduk Italia selatan. Hmm, itu karena tomat tumbuh subur di daerah Italia selatan. Sebaliknya makanan penduduk Italia utara adalah pasta, susu, dan keju kamu tahu sebabnya? Yaps, karena Italia utara punya banyak sapi yang menghasilkan susu dan keju.
       Orang kaya Italia suka membuat rumah peristirahatan di desa. Rumah peristirahatan di desa Italia disebut Villa. Orang kaya juga membuat istana. Di Italia ada istana yang miring. Lo, Itulah menara Pizza.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar