Social Icons

Pages

Selasa, 10 April 2012

PEMISAHAN CAMPURAN




Metode Pemisahan Campuran
          Ukuran partikel, titik didih, titik beku, berkelarutan, masa jenis, dan daya hantarlistrik dapat digunakan sebagai dasar untuk memisahkan campuran. Campuran dapat dipisahkan dengan menggunakan berbagai macam metode, antara lain pengayakan, dekantasi, corong pisah, sentrifugasi, pengendapan, penyaringan, destilasi, penguapan, dan sublimasi.
Metode Pemisahan Campuran Berdasarkan Ukuran Partikel
          Pemisahan campuran yang berdasarkan ukuran partikel meliputi dua cara, yaitu pengayakan dan penyaringan. Pengayakan adalah pemisahan campuran antara zat padat dengan zat padat yang memiliki ukuran partikel berbeda. Penyaringan adalah cara memisahkan campuran antara zat padat dan zat cair yang tercampur secara merata atau campuran antara zat padat dan zat gas.
Metode Pemisahan Campuran Berdasarkan Massa Jenis
a.    Dekantasi
          Dekantasi adalah proses pemisahan yang memanfaatkan massa jenis padatan yang lebih besar daripada maas jenis zat cair sehingga padatan akan mengendap dibagian bawah airan. Metode ini dilakukan dengan cara menungkan cairan secara perlahan-lahan sehingga padatan tertinggal didalam wadah. Untuk memudahkan dekantasi dapat digunakan pengaduk pada saat menuangkan campuran.
b.    Corong Pisah
     Campuran antara dua jenis cairan yang tidak saling melarutkan dapat dipisahkan dengan corong pisah. Misalnya, campuran air dan minyak. Campuran akan terbentuk dua lapisan, karena massa jenis air lebih besar daripada minyak, maka air akan berada di lapisan bawah sedangkan minyak di lapisan atas. Jika keran dibuka, maka air akan mengalir keluar. Setelah seluruh air habis barulah minyak akan keluar melalui keran.
c.    Sentrifugasi
     Sentrifugasi adalah teknik untuk mempercepat pemisahan antara padatan yang ukuran terkecil dan tersebar merata dalam campuran. Dalam alat sentrifugasi, campuran diputar dengan cepat. Karena adanya gaya setrifugal, maka padatan akan mengumpul di bagian bawah tabung, sedangkan cairan berada di bagian atas. Karena letaknya sudah terpisah, maka cairan dapat dipindahkan dengan cara dekantasi atau disedot dengan pipet secara hati-hati.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar